Senin, Desember 16, 2013

Iritasi Mata akibat penggunaan Soflens dan cara mengatasinya


Halo semua, saya kembali lagi ^^
Buat para cosplayer, memakai soflens mungkin suatu keharusan ketika berperas sebagai suatu karakter dari anime/game. Apalagi kalau warna mata dari karakter tersebut banyak sekali macamnya. Selain membuat penggunanya tambah keren, ternyata banyak juga lho bahaya ketika menggunakan soflens apalagi yg belum terbiasa dan tidak hati-hati.


Jadi berikut ini ada beberapa paparan dari sebab/akibat dan cara mengatasi iritasi pada mata karena kesalahan dalam penggunaan soflens.
Yang pertama, dibawah ini beberapa hal yang memicu iritasi ketika menggunakan soflens :
1.    Kotornya udara atau terdapat banyak debu
Hindarilah penggunaan softlens pada lingkungan yang berdebu, karena partikel-partikel debu jika masuk ke dalam mata akan menyebabkan mata merah dan iritasi. So, untuk daerah berdebu jgn pkai softlens dulu ya.
2.    Make Up atau Riasan mata
Riasan mata atau make up juga terkadang dapat menyebabkan mata iritasi, karena itu gunakanlah softlens sebelum anda mengaplikasikan make up. Jangan sampai ada partikel dari bedak atau eyeshadow yang masuk ke mata anda.
3.    Penyucian softlens yang tidak bersih
Saat memakai atau melepas softlens, tangan kita harus dalam keadaan bersih dan steril. Caranya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun yang tidak mengandung deterjen. Setelah tangan kita steril, cuci dengan cara meraba softlens selama 3 detik menggunakan air solution softlens. Jangan pernah menggunakan air mentah. Begitu juga saat anda selesai memakai softlens. Cuci kembali saat anda menyimpannya di dalam lenscase. Dengan begini mata anda akan terasa nyaman saat menggunakan softlens.
4.    Mata anda sensitif atau tidak cocok dengan air solution
Jika mata anda super sensistif dan saat menggunakan softlens cepat merah/iritasi, gunakanlah softlens dengan kadar air tinggi dan softlens yang di rancang khusus untuk mata sensitif. sebelum menggunakan softlens, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, bagaimana sebaiknya jika anda menggunakan softlens.
5.    Ukuran softlens terlalu besar
Terkadang ukuran softlens juga berpengaruh terhadap mata. Jika anda tidak terbiasa menggunakan softlens yang berdiameter besar, jangan paksakan. Karena akan menimbulkan efek tidak nyaman saat anda memakai softlens tersebut. Tapi bagi yang sudah terbiasa tdk apa-apa menggunakan soflens dengan diameter besar.

Lalu  beberapa BAHAYA yang terjadi akibat salah menggunakan soflens.
1.    Iritasi dan mata merah
Ini adalah bahaya softlens yang paling sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti debu, pemakaian yang kurang benar dan terlalu lama dipakai. Oleh karena itu, agar tidak mengalami iritasi sebaiknya jaga softlens tidak terkena debu dan pakai dengan cara yang benar. Bagaimana? Yang paling pertama dan paling utama yang harus diingat adalah tanganmu harus steril ketika memakai softlens. Pastikan juga untuk tidak memakainya terlalu lama. Tetes mata khusus softlens bisa secara rutin kamu gunakan untuk memberikan efek lega ketika memakainya.
2.    Terlalu longgar atau terlalu ketat
Softlens bisa menjadi terlalu longgar atau bahkan terlalu ketat seperti sangat menempel ke mata disebut hypoxia. Hal ini dikarenakan pemilihan kadar air yang salah ketika membeli softlens. Maka dari itu sesuaikan dengan keadaan mata. Jika matamu memang sudah memiliki banyak kandungan air mata, pilihlah softlens dengan kadar air lebih sedikit. Sedangkan mata yang cenderung kering sebaiknya pilih softlens dengan kadar air tinggi.
3.    Softlens koyak dalam mata
Softlens bisa koyak di mata. Nah, ini cenderung sangat berbahaya. Bahaya softlens ini bisa terjadi karena kamu memakai softlens saat tidur. Ketika tidur, softlens bisa bergerak-gerak di dalam mata dan bisa berisiko pecah di dalam mata. Tidak hanya itu, softlens dapat mengering karena tidak mendapatkan oksigen dan kadar air yang cukup. Nah, ketika Anda mencubit softlens dalam keadaan kering seperti itu dapat mengakibatkan softlens koyak. Karena itu juga, memang ketika ingin melepaskan softlens sangat disarankan untuk meneteskan tetes mata khusus softlens sebelumnya.
4.    Infeksi kornea
Bahaya infeksi kornea bisa terjadi jika kamu tidak merawat softlens dengan baik. Karenanya bakteri, jamur dan virus bisa tumbuh di softlens dan membuat alergi pada mata. Maka dari itu, jaga baik-baik softlens-mu ya. Jika tidak bisa seperti itu, memakai softlens sekali pakai bisa menjadi pilihan jika kamu berkekeuh untuk menggunakan softlens.

Bahaya banget ya >_<
So, berikut ini cara mengatasi iritasi mata akibat soflens, direkomendasikan oleh American Optometric Association (AOA):
  1. Jika memang sudah terlanjur mengenakan  softlens dan mengalami iritasi, sebaiknya jangan dipakai dulu softlens tersebut hinga mata sembuh. Penggunaan softlens ketika mata iritasi atau luka dapat menimbulkan     masalah serius pada mata seperti timbulnya ulkus atau mata bernanah dan infeksi yang dapat menjalar pada     seluruh kornea mata dan dapat berakibat kerusakan pada kornea mata.
  2. Apabila ketika mengenakan softlens mata terasa gatal namun belum terjadi pembengkakan ataupun radang, hanya gatal dan agak memerah, bisa ditetesi segera dengan obat tetes mata khusus pengguna softlens. Jangan menggunakan obat tetes mata biasa karena akan dapas merusak softlens.
  3. Bersihkan softlens secara hati-hati dan teratur. Hindari kondisi lingkungan kotor dan berdebu. Debu atau kotoran yang terjebak di dalam softlens dapat menimbulkan iritasi pada mata.
  4. Perhatikan masa berlaku atau masa pakai softlens. Pada umumnya penjual akan member tahu kapan produk harus diganti. Ada softlens yang dipakai harian, satu bulan, tiga bulan, enam bulan atau satu tahun. Perhatikan jangan sampai melewati batas waktu pakai. Karena mungkin akan dapat terjadi kerusakan softlens dan menimbulkan iritasi.
  5. Temui dokter / ahli mata untuk mencari informasi dan mendapatkan lensa yang sesuai untuk mata anda dan layak pakai.
  6. Jika anda akan menyentuh lensa cucilah tangan terlebih dahulu.
  7. Selalu lepas softlens anda ketika anda tidur.
  8. Membersihkan lensa secara rutin. Cara membersihkan yang baik adalah : usap lensa kontak dengan jari dan bilas dengan cairan pembersih sebelum menyimpan lensa dalam wadah yang sudah berisi cairan pembersih.
  9. Simpanlah wadah lensa kontak di tempat yang lembab dan terlindung dari cahaya matahari langsung
  10. Gantilah wadah lensa setiap minimal 3 bulan sekali.
  11. Untuk menyimpan lensa, gunakan cairan pembersih yang masih baru. Jangan gunakan cairan yang sudah dipakai, meskipun terlihat bersih tetapi mengandung bakteri yang bisa membahayakan mata anda.
  12. Patuhi jadwal penggantian lensa kontak sesuai anjuran dokter.
  13. Temui dokter mata anda untuk memeriksakan mata anda secara rutin.
Jadi kawan-kawan semuanya *khususnya para cosplayer ataupun yang suka pake soflens* hati-hati ya kalo menggunakan soflens ^^.

39 komentar:

  1. Ok gan. Keren tuh infonya. Saya juga menemukan online shop baru yang menjual softlens online x2 dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim.
    Buruan..

    BalasHapus
  2. Artikelnya sangat menarik, dan thema blognya cukup rame ya...sebaiknya lebih simpel aja temanya biar orang yang baca lebih nyaman (cuma saran saja)

    BalasHapus
  3. Thanks info nya. Baru tau kalo lg iritasi jangan pake softlens dulu...

    BalasHapus
  4. Thanks info nya. Baru tau kalo lg iritasi jangan pake softlens dulu...

    BalasHapus
  5. Thanks ya bwat blognya ngebantu bgtt tntang msalah softlens (y)

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas informasi yang di tulis sangat bermanfaat
    Mata Merah Karena Softlens

    BalasHapus
  7. Thank you so much ya, artikelnya berguna banget

    BalasHapus
  8. Matur nuhun atas informasi nya.. Mata saya sudah iritasi duluan.. Dan saya bertanya2 kpd teman saya (anak kedokteran . ahli mata) dia kasih link ini. Sangat bergunaa...

    BalasHapus
  9. Aku barusan pakai soflens.. Dan mataku saat inii memerah terasa ganjel.. Trus cara mengobatii bagaimana ya ??? Tolong infonya.. Makasiih 😊🙏🙏🙏

    BalasHapus
  10. Jadi gini ka. Awal pakai lensa kontak itu nyaman nyaman aja. Makin kesini. Setiap pakai lensa kontak, padahal lensa baru dan air solution baru, gk ada berapa menit udah perih dan langsung timbul kemerahan. Lensa ku banyak, tapi gak ada satu hari langsung aku buang. Beli baru ttp gk bisa. Perih juga. Itu karena apa ya. Padahal gk dipake juga sering banget dicuci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mata kamu udah iritasi sis, jadi pakai softlens manapun tetep berasa perih. Jangan dipaksa pakai softlens dulu. Ke dokter, setelah sembuh baru coba pakai softlens lagi. Saya juga ngalamin soalnya

      Hapus
    2. Setelah sembuh kaka makai soflen lagi? Dalam jangka berapa hari ka sembuhnya?

      Hapus
  11. Kenapa ya kak mata ku pedes dan merah pas pake softlens, padahal biasanya gk pernah gitu nyaman nyaman aja trus aku lepas softlens nya aku lepas mataku tetep merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih tetes mata dulu, kalau tetap merah, konsultasikan ke dokter mata. Jangan dipaksa pakai softlens dulu. Matamu mungkin lagi kotor atau kena iritasi, bisa coba cuci mata pakai cairan khusus, aku pakai juga. Tapi lupa merk huhu. Kamu bisa tanya deh ke apotek

      Hapus
  12. Kalo mata iritasi coba ambil daun sirih 5/10 lembar terus direbus dengan air, dinginkan air rebusannya terus rendam mata km(matanya dibuka ya didlm air) di air rebusan yg sdh didinginkan itu, soalnya air rebusan dau siruh itu mensterilkan apa saja (bahan herbal)

    BalasHapus
  13. Aku baru beli softlens ka aku baru bisa pakai softlens setelah aku pakai softlens, terus aku buka perih dan sampai saat ini mata aku sebelah kiri suka banyak belekan dan pandangan pun sering buram sebelah, tolong bisa di bantu gak ka

    BalasHapus
  14. Aku baru beli softlens ka aku baru bisa pakai softlens setelah aku pakai softlens, terus aku buka perih dan sampai saat ini mata aku sebelah kiri suka banyak belekan dan pandangan pun sering buram sebelah, tolong bisa di bantu gak ka

    BalasHapus
  15. Ka aku kemarin kemarin iritasi karna soflen trs aku kasih tetes mata lalu sembuh. Tp sekarang ko aku make soflen lg mata terasa perih ya ka berair
    Bantu jawab dong ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Softlensnya sudah dibersihkan kah? jika setelah soflens juga dibersihkan, bisa jadi mata tidak cocok dengan cairan softlesn nya. namun jika perihnya sampai tidak bisa membuka mata, dan mata merah, coba konsultasikan ke dokter. khawatir ada yg luka pada mata.

      Hapus
  16. Kak aku pake soflen nyaman² aja tapi kenapa pas dilepas malan perih trz mata agak buram juga berair,itu kenapa ya kak

    BalasHapus
  17. kak aku pas make softlens nyaman2 aja. terus setelah dilepas mata jadi gatel panas gitu.setelah itu aku fikir bakal stop penggu aan softlens dlu sampai mataku sembuh. tp udh 5hari masih gatel aja. udh ditetesin obat tetes mata tetep gatel.tp walaupun gatel mataku gak merah tetep putih2 aja cuma klo di kucek baru merah. itu knp ya kak?

    BalasHapus
  18. dan kalo seterah dikucek dibagian kelopak mata jadi seperti ada yg mengganjal

    BalasHapus
  19. dan kalo seterah dikucek dibagian kelopak mata jadi seperti ada yg mengganjal

    BalasHapus
  20. kak aku pas make softlens nyaman2 aja. terus setelah dilepas mata jadi gatel panas gitu.setelah itu aku fikir bakal stop penggu aan softlens dlu sampai mataku sembuh. tp udh 5hari masih gatel aja. udh ditetesin obat tetes mata tetep gatel.tp walaupun gatel mataku gak merah tetep putih2 aja cuma klo di kucek baru merah. itu knp ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengguna pemula softlens memang seperti itu, terasa ada yang mengganjal. Itu hanya penyesuaian terhadap mata karena kornea ada lapisan tambahan yaitu softlens. Namun jika terjadi iritasi, terasa gatal atau perih, mungkin ada infeksi oleh jamur. Coba hentikan pemakaian obat tetes matanya dan konsultasikan ke dokter.

      Hapus
    2. Ka mau nanya,biasanya rasa mengganjal pada softlens awal pemakaian itu berlangsung berapa lama ya kak? Aku sudah coba 3-4 kali pasang.tapi masi terasa mengganjall,walaupun jarang2 siih kak

      Hapus
  21. coba diperiksakan ke dokter. bisa jadi matanya sudah terkena iritasi, lebih parahnya lagi bisa saja kornea nya luka, sehingga menimbulkan rasa sakit/perih. penggunaan obat mata sebaiknya dengan resep dokter, karna mata adalah bagian yang sangat sensitif. semoga cepat sembuh ya

    BalasHapus
  22. Kak mata aku setelh pake soflens merah dan perih kak. Itu gimana cara mengatasinya. Padahal biasanya kalo make aman aman aja padahal soflen nya baru beli kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      mata merah bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena efek pemakaian soflens yang terlampau sering, sehingga ada gesekan dengan kornea mata, atau karena tidak cocok dengan cairan soflensnya (atau cairannya kotor atau soflensnya yang kotor)

      coba diperikasa salah satunya, terus hentikan pemakaian soflensnya dulu, pakai obat tetes mata dalam dosis aman. kalau masih berlanjut, komunikasikan dengan dokter yaa.

      Hapus
  23. Kak aku baru pemula pakek softlens, pas tak pakek kok rasanya perih terus mataku merah.. Sampe mata sebelah kiri kemarin berair terus hampir ga bisa di buka mata sebelahnya. Trus pas udah rada enakan mata aku yg kiri kaya ada yg ganjel padahl udh ga pakek softlens. Itu gimna kak kalo diterusin pakek softlens apa masih boleh?

    BalasHapus
  24. Kak ko mta aku jd bngkak setelah pke softlens apa gak bkal apa2 kak?

    BalasHapus
  25. Mata ku bengkak setelah pake softlen. padahal sebelum ganti softlen yg baru aman aman saja. Berarti kurang cocok di softlen yg baru padahal baru beli, setelah bengkak saya cari cara penyembuhan,katanya pake air dingin saya coba malah mangkin bengkak ,saya coba pake air hangat malah cepat sembuh 😊 itu gymana?

    BalasHapus
  26. Kak saya kan baru pemula pakai softlens. Awalnya biasa saja dan nyaman,tapi semalam saya pake lagi mata saya sebelah kiri setiap saya kedipkan mata,softlens ikut naik keatas dan pedih. Sudah saya lepas dan ga pake softlens lagi tapi mata saya jadi bengkak,dan serasa seperti ada yg mengganjal. Mohon info nya dong kak,itu kenapa?solusinya gimana,makasi kak

    BalasHapus
  27. jadi begini,saya tidak sengaja memakai softlens yg sudah kadaluarsa..saat dipakai baik2 saja setelah pemakaian saya buka softlens tsb lalu tidur,saat bangun tidur mata saya tiba2 menjadi kabur dan buram..kira2 itu kenapa dan cara mengobatinya bagaimana

    BalasHapus